Sabtu, 20 April 2013

Pengantar Komputasi Cloud

Pembahasan Tugas Softskill Pengantar Komputasi Modern yang ke dua adalah mengenai Pengantar Komputasi Cloud.

Pendahuluan
Cloud Computing (komputasi awan) merupakan pemanfaatan teknologi computer oleh pengguna dengan menjalankan sebuah aplikasi yang tidak berada di computer yang digunakannya, namun file – file tersebut berada di computer lain yang dihubungkan dengan internet. Dengan kata lain, cloud computing merupakan sebuah layanan dimana informasinya disimpan di server secara permanen dan disimpan di computer client secara temporary. Beberapa contoh penggunaan cloud computing antara lain : email service, facebook, google apps,dll.

Cloud computing merupakan gabungan antara virtualisasi dan grid computing. Di dalam cloud computing dikenal istilah front-end (desktop-PC) dan back-end(server). Front-end dan back-end harus saling terhubung di dalam sebuah jaringan internet. Front-end mengambil data dan menjalankan aplikasi dari back-end. Back-end merupakan sumber yang diistilahkan dengan cloud(awan).

Pengantar Komputasi GRID
Dalam penggunaan komputasi grid, computer yang digunakan terpisah oleh geografis. Selain itu didistribusikan dan terhubung oleh jaringan dalam menyelesaikan masalah komputasi dalam skala yang besar. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengenali system komputasi grid:
  • System untuk koordinat sumber daya komputasi tidak di bawah kendali pusat.
  • System menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • System mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik di atas komponen individu pelayanan komputasi grid.

Virtualisasi  
Virtualisasi merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk membuat versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, seperti system operasi, penyimpanan data atau sumber daya jaringan. Istilah virtualisasi merupakan pemisahan sumber daya computer yang terdiri atas jaringan, penyimpanan dan server. Virtualisasi menyembunyikan karakteristik fisik sumber daya komputasi ke pengguna.

Sebuah physical resources (sebuah server/aplikasi/penyimpanan) dapat terlihat seperti beberapa resources virtual dan begitu pun sebaliknya. Berikut ini adalah beberapa teknologi virtual : virtualisasi storage, virtualisasi komputasi dan virtualisasi network.

Dalam cloud computing selain ada proses virtualisasi,juga terdapat grid computing, dimana seluruh beban proses komputasi yang ada akan didistribusikan ke berbagai server yang saling terhubung di dalam cloud, sehingga prosesnya akan jauh lebih ringan.

Kesimpulannya, cloud computing merupakan gabungan antara teknologi virtualisasi dan grid computing. Tentunya implementasi cloud computing mampu memberikan hasil yang jauh lebih efisien dan powerfull dalam hal proses komputasi dan pengelolaan resource IT secara terdistribusi.

Distributed Computation Dalam Cloud Computing
Distributed computing terkait dengan system perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki lebih dari satu elemen pemrosesan atau storage element, concurrent process atau multiple program yang berjalan di bawah pengendalian yang ketat.

Pada distributed computing, program dipecah menjadi beberapa bagian yang dijalankan secara bersamaan pada banyak computer yang berkomunikasi melalui jaringan.

 
Map Reduce dan NoSQL (Not Only SQL)
Map reduce merupakan framework pemrograman yang berfungsi untuk processing data yang berukuran besar. Map reduce biasa digunakan untuk komputasi terdistribusi pada banyak computer.

NoSQL (Not Only SQL) tidak mengenalistilah relation, selain itu NoSQL tidak menggunakan konsep schema.

NoSQL database
NoSQL adalah sebuah class dari data storage system yang tidak berelasi. NoSQL tidak memerlukan skema table, sehingga tidak menggunakan konsep relasi. NoSQL database secara native tidak menggunakan SQL seperti yang biasa terdapat pada relational database.

Sumber :
http://task-campus.blogspot.com/2013/04/pengantar-komputasi-cloud_12.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar