Sabtu, 26 November 2011

Tipe-tipe Citra pada Desain Grafik


1.      Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

2.      Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
 
3.      Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
 
4.      Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
 
5.      Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter, dsb. 

Implementasi Desain Grafik

Penggunaan desain grafik dunia hiburan dan didunia seni banyak sekali dipakai lihat saja di layar kaca tv anda bnyak sekali film2 kartu yang menggunkan desain grafik dan iklan2 di tv juga menggunkannya. anda Dari segi keilmuan, hakekatnya desain grafis adalah salah satu bentuk dari ilmu seni rupa terapan.

Dalam prosesnya diberikan kebebasan kepada sang desainer atau perancang untuk memilih, menciptakan dan mengatur elemen-elemen rupa dasar seperti garis, warna, bidang, raut, tekstur, value serta bekerja berdasarkan prinsipprinsip dasar desain diantaranya adalah balance/keseimbangan, rhythm/irama, emphasis/penekanan dan unity/kesatuan. Desainer juga bekerja dengan didukung beberapa aspek lain seperti pemahaman dalam mengorganisasikan proses kreasi dan memiliki kemampuan dalam menyampaikan atau menangkap pesan. Pesan-pesan tersebut digarap oleh desainer dalam sebuah karya yang bertujuan untuk diproduksi atau dikomunikasikan melalui berbagai media.

Desain berbasis Image Desainer membangun image yang merupakan representasi dari gagasan pribadinya atau client bisnisnya. Image sangat kuat untuk dipercaya dan merupakan alat komunikasi yang dapat mempengaruhi, mampu menyampaikan tidak hanya informasi tetapi juga suasana hati dan emosi. Orang akan bereaksi terhadap image secara instinktif berdasar pada kepribadian mereka, asosiastif berdasarkan lingkunganya, dan experientatif akibat pengalaman sebelumnya. Image diambil dengan berbagai cara dan teknik yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan media.

Didalam Desain berbasis Image, hal utama yang harus diperhatikan seorang desainer adalah memahami bahwa image-image yang diekspose harus membawa keseluruhan pesan, untuk itu terkadang desainer memberi sedikit teks untuk bantuan. Karena setiap image yang tampil merupakan bahasa yang harus disampaikan, maka pada sebuah proses eksekusi sebuah image, seorang desainer juga harus memahami bagaimana pentingnya memanajemen kepekaan terhadap calon penerima pesan, sehingga desainer tidak membabi buta dengan mengandalkan selera estetisnya belaka dalam menampilkan image tersebut. Bukankah sebuah gambar dapat memunculkan ribuan makna dan maksud? Maka, arah dari maksud tersebut harus dapat tersampaikan dengan image yang dieksekusi oleh desainer.

Permodelan Desain Grafik

Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputeryang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing),dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Bagian dari grafika komputer meliputi:
• Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Grafik Komputer :suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Grafis Komputer adalah grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer. Perkembangan komputer grafis telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri.

Desain sendiri biasanya identik dengan seni yang berupa arsitektur, rancangan atau penataan . Lengkapnya, desain adalah proses yang memperhatikan beberapa aspek, yakni aspek estetik juga aspek lainnya disesuaikan dengan desain apa yang akan dibuat . Proses desain pada dasarnya memperhitungkan beberapa aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lain .

Permodelan rekayasa perangkat lunak agar membentuk suatu benda-benda atau objek, membuatnya terlihat lebih hidup dan berguna .
Istilah komputer grafis mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan merupakan teks atau suara. Hari ini hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis dan pengguna mengharapkan untuk mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar, bukan hanya dengan mengetik.

Istilah Computer Graphics memiliki beberapa arti, seperti representasi dan manipulasi data piktorial oleh komputer dari berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi data gambar-gambar tersebut, gambar yang dihasilkan, dan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual, lihat studi komputer grafis lebih lanjut.

Grafik komputer dan gambar yang dihasilkan komputer menyentuh banyak aspek kehidupan sehari-hari kita. Citra komputer dapat ditemukan di televisi, di koran, laporan cuaca, dan masih banyak lagi. Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkannya. Seperti grafik yang digunakan untuk menggambarkan surat-surat, laporan, tesis, dan bahan presentasi. Berbagai alat dan fasilitas yang tersedia untuk memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan data mereka, dan komputer grafis yang digunakan dalam banyak disiplin ilmu.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
•Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force,feedback,scaner, dll
•Proses dan Penyimpanan
•Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll

Selasa, 22 November 2011

Contoh Membuat program dengan menggunakan openGL


Tugas               : GRAFIK KOMPUTER
Kelas                : 3IA15
Anggota            :
-      APRILIA RAMADHANIA (51409244)
-      BOYKE (52409921)
-      CINESIA EVANTA D (55409320)
-      CORNELIA TOWOLIU (55409260)
-      FRECILLIA RURII (51409233)
-      HANIFAH (51409013)

Berikut ini saya akan memberikan contoh untuk membuat sebuah garis, kotak, segitiga, dan polygon menggunakan OpenGL. OpenGL itu sendiri adalah sebuah library yang dipergunakan dalam desain permodelan grafik komputer, dimana terdapat lintas API yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi suatu grafis, baik 2D maupun 3D. Interfacenya terdiri dari 250 panggilan fungsi yang berbeda dan dapat digunakan untuk menggambar 3 Dimensi dengan adegan - adegan kompleks dari bentuk yang primitif atau sederhana.

1.            Garis
Contoh yang pertama adalah membuat Garis. Garis, merupakan suatiu penggabungan / penggambaran 2 buah titik.

Berikut ini adalah listing programnya :




Berikut ini adalah tampilan outputnya :






2.            Kotak
Lalu contoh yang kedua adalah membuat bentuk Kotak. Gambar Quad adalah bentuk segiempat dengan vertex yang bebas. Bebas disini artinya mempunyai segi empat buah yang bebas. Untuk menampilkan Quad, OpenGL mengunakan perintah GL_QUADS.



Berikut ini adalah listing programnya :



Dan tampilan Outputnya :


3.            Segitiga
Contoh yang ketiga adalah membuat bentuk segitiga. Dimana segitiga merupakan gabungan atau hubungan dari tiga buah titik yang keterhubungan tersebut akan menciptakan satu sector.

Berikut ini adalah listing programnya :



Berikut adalah tampilan outputnya :

 

4.            Poligon
Contoh yang terakhir adalah bentuk poligon. Poligon adalah salah satu bentuk segitiga yang mempunyai beberapa titik, sehingga dapat menghasilkan segitiga yang lebih dari satu atau segi banyak.

Berikut ini adalah listing programnya :

Berikut adalah tampilan outputnya :


Sekian contoh penggunaan OpenGL yang kami buat, Terimakasih ^_^